Kamis, 27 Desember 2012

Derivat Vitamin D3 untuk pengobatan kanker


Pengaruh derivat vitamin D3 (B3CD) dengan postulat aktivitas anti-kanker  pada kanker ovarium animal model



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa calcidiol derivate B3CD memenuhi syarat sebagai anti-kanker yang potensial secara in-vivo menggunakan model xenograft[1] kanker ovarium pada tikus, selain itu selektivitas dari B3CD terhadap viabilitas dan proliferasi jalur sel kanker ovarium manusia resisten terhadap kontrol jalur sel yang telah dianalisis secara in-vitro. B3CD menunjukkan jalur sel cytotoxicity (antigen-antibodi) yang spesifik yang disaring lagi oleh panel dari ovarium dan jalur sel carcinoma[2] lainnya, endothelial dan sel-sel pengendali. B3CD, pada konsentrasi sub-cytotoxic, memberikan efek yang kuat pada proliferasi SKOV-3[3] sel kanker ovarium vs. fibroblast primer sebagaimana ditentukan oleh analisis incorporation BrdU. Pengobatan dengan B3CD sebesar 0.5 μM menunjukkan kromatin yang sangat kental dan inti terfragmentasi dalam SKOV-3 tetapi tidak pada fibroblast primer. Induksi B3CD menyebabkan kematian sel (kanker) pada konsentrasi obat yang rendah (≤ 0,5 pM) pada SKOV-3 sel kanker ovarium dimediasi oleh MAPK p38 jalur sinyal: Induksi B3CD mengekspresi sinyal p38 MAPK dan menyebabkan pengaktivan pada sel SKOV-3 dan penghambatan sinyal p38 juga dikendalikan oleh induksi B3CD pada kematian sel (kanker) secara in-vitro. Sebuah sel kanker animal model (pada sel SKOV-3 manusia yang diderivatkan xenograft pada tikus) menunjukkan bahwa pertumbuhan tumor pada beberapa tikus yang diobati dengan B3CD menggambarkan pertumbuhan tumor yang tertunda atau bahkan terjadi regresi tumor secara keseluruhan. B3CD memiliki sifat anti-kanker ovarium secara in-vivo maupun in-vitro.



[1]  Transplantasi dimana jaringan yang dicangkokkan berasal dari spesies yang berbeda
[2] Neoplasma di mana sel-sel tumor masih terbatas padaepitel asal tanpa invasi ke membran basal (kemungkinan pertumbuhan invasif berikutnya dianggap tinggi).
[3] Jalur sel kanker ovarium

Tidak ada komentar:

Ya ALLAH . . .berilah aku sebuah hati yang sungguh mencintai-MU, sehingga aku dapat mencintainya dengan cinta-MU, bukan mencintainya sekedar cintaku . . .