Rabu, 18 Juli 2012

Mencuri waktu . . .

Meskipun ketika padat aktivitas tilawah 10 juz itu bukan sesuatu yang ringan, tapi bukankah tidak ada yang tidak mungkin bagi ALLAH? hanya pertolongan ALLAH yang dapat membawaku kesana . . .
seringkali ditengah aktivitasku di Merapi ini, aku mencuri-curi waktu untuk menyingkir dan menyendiri, untuk memperbanyak tilawahku , , ,entah ketika teman2 ngobrol berkumpul bincang2 tengtang suatu hal, ketika rapat dengan pemuda,  ketika waktu pagi jatah waktu pribadi untuk makan, mencuci, MCK, dsb atau bahkan ketika acara ditraktir teman makan2 di Warung Steak atau bareng2 makan ayam bakar . . ., meski aku menyampaikan bahwa aku tidak ikut makan2 bareng, tapi terkadang temanku yang tidak tega melihat aku tidak makan, sehingga kadang aku tetap dipaksa untuk ikut makan . . .

Beberapa waktu ini aku mulai mencuri-curi waktu sejak pagi hari di sela-sela aktivitas dan pernah suatu ketika tanpa terasa hari sudah beranjak sore sedangkan ternyata aku belum makan sejak pagi atau hari sudah sangat malam namun tilawahku belum selesai, sehingga aku berjuang  menyelesaikan tilawahku hingga jam setengah tiga pagi sampai-sampai aku hanya tidur malam sekitar satu setengah jam saja . . . melawan kantuk, sakit lelah dan segala hal yang merintangi diriku untuk tidak menyelesaikan tilawahku . . .tapi, tidur hanya satu setengah jam dan semacamnya dulu sering kurasakan ketika aku ujian di ma'had ali, jadi 'kenangan' tentang perjuanganku di ma'had ali itu pulalah yang secara tidak langsung juga memberikan peran tersendiri dalam perjuanganku malam itu . . .

Jika dulu aku membaca siroh, ada sahabat yang dalam tiga hari saja bisa khatam qur'an, aku hanya bisa mengucap subhanallah, wah, kagum, dsb, dan rasanya itu adalah suatu hal yang jauh sekali dariku, gak mungkin banget kayaknya, bahkan terlintas dalam angan saja tidak! Mungkin karena tidak pernah ada bayangan bahwa manusia biasa sepertiku bisa mengkhatamkan qur'an dalam 3 hari, jadi rasanya nggak mungkin banget buatku. Jadi, jadi bisa tilawah sehari 10 juz itu adalah hal yang "amazing banget". Apalagi kalau dengar ada sahabat yang ketika bulan ramadhan khatam 60x. Dian cuma bisa takjub tak berkutik. Maasyaa ALLAH . . .

Sebagai penutupan atas SMS2ku kepada ustadzahku tentang tilawah 10 juz selama beberapa hari ini, kukirimkan SMS penutupan buat beliau:

"Ustadzah, Jazaakillahu khairan atas tarbiyah antum kepadaku yang secara langsung ataupun tidak langsung, tapi saya sangat merasakannya...sekali lagi jazaakillahu khairan. Mohon doakan dian ya usth, semoga istiqomah...terutama dalam tilawah, meski rasanya masih lumayan berat karena harus mencuri-curi waktu ditengah aktivitas, semoga tetap istiqomah. aamiin"



Hari ini kubaca do'a khatmil qur'an dibelakang mushhaf, ...aku merasakan bahwa maknanya sangat indah sekali, namun aku belum berani secara eksplisit menuliskannya dalam bahasa indonesia...tapi, aku bisa merasakan doa itu sangat indah sekali . .  :-) Ya ALLAH, rahmatillah kami dengan Al-Qur'an...aamiiin



Tidak ada komentar:

Ya ALLAH . . .berilah aku sebuah hati yang sungguh mencintai-MU, sehingga aku dapat mencintainya dengan cinta-MU, bukan mencintainya sekedar cintaku . . .